Ekonomi BisnisPeristiwa

Najmul Akhyar: Pemerintah Segera Cairkan Dana Rumah Warga yang Rusak

Tanjung, Fokus NTB – Awali tahun 2020, Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH., MH membawa angin segar untuk masyarakat Lombok Utara terkait percepatan pembangunan rumah warga di Kabupaten Lombok Utara.
Dana sebesar 167,9 Miliar yang diterima Pemerintah Daerah dari Pemerintah Pusat siap untuk dicairkan ke rekening warga dalam waktu dekat ini.

Kabar tersebut disampaikan oleh Bupati Lombok Utara saat memberikan arahan pada apel kesiapsiagaan yang diikuti oleh seluruh fasilitator se-KLU, bertempat di halaman eks kantor Bupati Lombok Utara, Tanjung (21/01).

“Alhamdulillah, kami sudah menerima SK untuk pembangunan tahap berikutnya, itu dengan dana yang dititipkan oleh pemerintah pusat kepada kita sejumlah Rp. 167.900.000.000” terangnya.

H. Najmul Akhyar memaparkan, jika dirata-ratakan untuk pembangunan rumah dengan kategori rusak berat saja, maka dana 167.9 M tersebut cukup untuk membiayai pembangunan RTG warga sampai dengan SK 25. Kendati demikian, adanya kekhawatiran Pemerintah terhadap perubahan status rumah warga yang rusak sedang menjadi rusak berat karena tidak ditangani dengan cepat, maka Pemerintah Daerah juga akan memfokuskan pembangunan untuk rumah warga yang berstatus rusak sedang.

“Karena kekhawatiran kita rusak sedang ini akan berubah status menjadi rusak berat kalau tidak segera ditangani, maka kemungkinan SK yang bisa terlayani adalah dari 22 sampai 24” jelasnya.

Melalui kesempatan apel kesiapsiagaan itu juga, Bupati Lombok Utara mengimbau langsung kepada seluruh unsur terkait untuk memaksimalkan kemampuan dan bertindak profesional dalam mendorong percepatan rehab rekon di Lombok Utara sehingga pembangunan rumah warga bisa terselesaikan sesuai target waktu yang telah ditetapkan yaitu sampai dengan tanggal 31 Maret mendatang.

“Saya yakin sekali lagi, berat dan ringannya kita merasakan tugas itu sangat tergantung dari pada keikhlasan kita untuk melaksanakannya, walaupun tugas itu ringan tetapi kita tidak ikhlas melakukannya maka tugas yang ringan itu akan terasa sangat berat” tutur orang nomer 1 di KLU tersebut.

Dalam waktu dekat, H. Najmul Akhyar akan kembali berkunjung ke Jakarta bersama Dandim dan Kapolres Lotara untuk meminta pencaiaran dana berikutnya kepada BNPB Pusat agar pembangunan RTG warga untuk SK selanjutnya bisa digulirkan dalam waktu secepatnya.

“kami akan ikhtiarkan mudah-mudahan akan bisa cepat dilakukan oleh BNPB kita” harapnya. (Diskominfo KLU/Yoan) Idham/Dandi

FokusNTB

Pengelola menerima semua informasi tentang Nusa Tenggara Barat. Teks, foto, video, opini atau apa saja yang bisa dibagi kepada warga. Untuk berkirim informasi silakan email ke fokusntb@gmail.com

Related Articles

Back to top button