Opini

Kontribusi Dinas ESDM NTB dalam Menyukseskan MXGP Samota 2023

Oleh: Yunan Teguh Apriyadi, S.T., Universitas Teknologi Sumbawa (NIM: 222015172).

Pada hari rabu 10 Mei 2023, Dinas ESDM Provinsi NTB yang diwakili oleh kantor cabang dinas ESDM wilayah pulau Sumbawa ikut serta dalam rapat kerja tim fasilitasi daerah pada event MXGP SAMOTA 2023, rapat diadakan di Aula Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman kabupaten Sumbawa. Tujuan dari pelaksanaan rapat tersebut untuk persiapan menghadapi event MXGP SAMOTA 2023 agar terlaksana dengan lancar dan sukses, karena event tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang berkelanjutan dilaksanakan oleh pemerintah kabupaten Sumbawa yang diawasi pelaksanaannya oleh pemerintah provinsi NTB dan pemerintah pusat. 

Terdapat beberapa hal penting  yang menjadi bahan dikusi dalam rapat tersebut, khususnya peran serta Dinas ESDM wilayah Sumbawa Provinsi NTB. Salah satu tugas yang diberikan pada Dinas ESDM bekerjasama dengan Dinas PUPR kabupaten Sumbawa (Bidang SDA dan Sanitasi) guna  melancarkan event internasional MXGP SAMOTA ini adalah:

  1. Mengawasi sumur bor yang ada disekitar sirkuit, yang mana sumur bor tersebut digunakan untuk penyiraman arena sirkuit secara berkala selama pelaksanaan event tersebut. Mengingat kondisi cuaca kabupaten Sumbawa yang panas dan berdebu, sehingga penyiraman sirkuit ini harus dilakukan secara berkala dan konstan.
  2. Memfasilitasi ketersediaan tangki air bersih yang dapat digunakan untuk toilet umum, musolah dan UMKM. 

Hal-hal tersebut merupakan 2 tugas penting yang akan mempengaruhi kelancaran terlaksananya event MXGP SAMOTA 2023. Seperti yang dikatakan kepala cabang Dinas ESDM wilayah Sumbawa Nugroho Yuditomo, S.T., M.Eng. “Event internasional MXGP yang kedua di SAMOTA merupakan salah satu event sangat penting, tidak hanya untuk kabupaten Sumbawa khususnya tetapi juga untuk Provinsi NTB. Banyak dampak yang akan mempengaruhi ketika event ini terlaksana dengan sukses terutama dari bidang pariwisata dan UMKM. Oleh karena itu, semua dinas harus saling berkoordinasi untuk menyukseskan perhelatan ini”.

Dalam rapat koordinasi tersebut, semua pihak siap berkoordinasi untuk menyukseskan perhelatan besar yang akan dilaksanakan pada bulan Juni di kabupaten Sumbawa. Melalui event ini diharapkan nama kabupaten Sumbawa akan semakin terkenal dan menarik minat para investor, pelaku usaha ataupun wisatawan untuk mengunjungi Tana Intan Bulaeng Sumbawa Besar.

FokusNTB

Pengelola menerima semua informasi tentang Nusa Tenggara Barat. Teks, foto, video, opini atau apa saja yang bisa dibagi kepada warga. Untuk berkirim informasi silakan email ke fokusntb@gmail.com

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button