www.domainesia.com
AgendaEdukasiSosial

Dalam rangka mewujudkan Kecamatan Lantung hijau, Forum Pemuda Peduli Lingkungan (FPPL) lakukan penanaman Pohon Produktif di Desa Padesa Kecamatan Lantung.

Sumbawa, Fokus NTB -Terlihat hadir dalam mensusken aksi penanaman pohon tersebut, Camat Lantung, Ahnuyas, SSTP, M.Si, Kades Padesa, Syaifuddin, Muhammad Hasairin S.Hut, Kepala KPH Ropang, Adnan S.H, Kasi KSDAE BKPH Ropang, Abdul Azis, Bendahara Pengeluaran KPH Ropang, Mahfud, Kepala RPH Ropang, Personil Resort Lantung, BKPH Ropang, TKSK Kecamatan Lantung, Syafruddin/Tonil, Ketua Lembaga Green Bulaeng, Rahmad Andriyadi, serta seluruh Pengurus dan Anggota FPPL.

Dalam sambutannya, Ketua FPPL, Jaka Juliansah menyampaikan terima kasih kepada KPH Ropang, Camat Lantung dan Kepala Desa Padesa, yang telah mendukung kegiatan FPPL di awal Tahun 2023 ini.

Jaka Juliansah mengatakan, aksi penanaman pohon ini merupakan resolusi atau harapan FPPL, dalam mewujudkan Lantung Hijau kedepannya, mengingat kondisi lingkungan di Wilayah Selatan Sumbawa, khususnya Kecamatan Lantung saat ini kian mengkhawatirkan.

“Tema kegiatan kita ini, “FPPL Goo Green, Menanam Pohon Agar Hidup Lebih Hidup”. Artinya, penanaman pohon ini penting dilakukan, terutama pohon” produktif. Selain dapat menjaga kelestarian Alam, Pohon produktif ini punya nilai ekonomis”

“Jadi, jangan takut menanam pohon produktif (buah-buahan) saat ini, karena 5-6 Tahun kedepan kita akan menikmati hasilnya. Kita harus SD (Sadar Diri) sedini mungkin, dalam mengantisipasi bencana Alam yang disebabkan oleh kerusakan lingkungan”. Ujar Jaka, Akrab Ketua FPPL ini disapa

Kenapa kita memilih Tanggal 7 Januari, Sambung Jaka, Karena makna filosofis dari 7 itu ialah, ada 7 hari dalam satu minggu. Dimana setiap harinya, semua makhluk hidup berharap agar terhindar dari bencana. Kemudian bulan 1 itu merupakan langkah awal dalam mengembalikan lantung yang lestari, Jelas Jaka.

Di tempat yang sama, Ahnuyas, SSTP, M.Si, Camat Lantung mengapresiasi FPPL yang telah menginisiasi dan sekaligus memberikan Contoh kepada Masyarakat lainnnya, tentang pentingnya menjaga lingkungan.

“Kita bangga dengan FPPL, karena mau mensejahterakan dan memikirkan Masyarakat kedepannya. Kita selaku Pemerintah, Insya Allah akan mensupport dan mengawal kegiatan seperti ini. Kita akan carikan bibitnya. Ini akan menjadi pilot projek atau langkah awal kita dalam melakukan penghijauan di Kecamatan Lantung” Jelas Camat Lantung, yang baru dimutasi pada Hari Rabu (4/1/2023) lalu.

Senada dengan Camat Lantung, Syaifuddin, Kades Padesa mengatakan, untuk melanjutkan Program ini, Pemerintah Desa Padesa akan menginformasikan kepada Warga, agar segera melindungi atau memagar lahannya, guna di tanami Pohon Produktif.

Sementara itu, Muhammad Hasairin S.Hut, Kepala KPH Ropang, menyatakan, KPH Ropang siap mendukung kegiatan ini. Kegiatan seperti ini sesuai dengan Visi Misi Gubernur NTB, “NTB Asri dan Lestari”.

“Acara penanaman pasti di dukung oleh Pak Gubernur, dan biasanya beliau juga ingin menanam. Karena yang namanya menanam itu tidak segampang menebang”

“Terus terang, kita kesulitan mencari lokasi dalam penanaman selanjutnya. Dan untuk FPPL sendiri, silahkan diagendakan Programnya, dan dikomunikasikan dengan teman-teman KPH Ropang”.

“Semoga 5 Tahun kedepan, kami dapat undangan lagi dari FPPL, untuk menikmati apa yang kita tanam hari ini”. Jelas Kepala KPH Ropang, seraya mengisyaratkan agar buah yang telah ditanam bisa tumbuh subur.

Kegiatan penanaman pohon itu diakhiri dengan sesi penanaman Pohon Pertama oleh Ketua FPPL dan Kepala KPH Ropang, kemudian Camat Lantung dan Kepala Desa Padesa, selanjutnya Kasi KSDAE dan Bendahara Pengeluaran BKPH Ropang, Kepala RPH Ropang dan TKSK Kecamatan Lantung, Ketua LGB dan IKPPM Lantung, hingga sekitar 100 bibit Buah yang terdiri dari Mangga, Nangka, Duren dan Kelengkeng mengisi kebun Warga.

Related Articles

banner
Back to top button