www.domainesia.com
PeristiwaPolhukam

Panwaslu Moyo Utara Himbau Agar Tiap Pemdes Menjaga Netralitas Saat Pemillu

Moyo Utara, Fokus NTB – Pada Jum’at (06/01). Ketua & Anggota Panwaslu Kecamatan Moyo Utara sampaikan himbauan kepada Kepala Desa, Perangkat Desa & B P D Se-Kecamatan Moyo Utara. Hal ini dilakukan karena adanya dugaan pelanggaran netralitas Kepala Desa dan Perangkat Desa disalah satu Kecamatan Kabupaten Sumbawa.

Dikonfirmasi oleh Ketua & Anggota Panwaslu Kecamatan Moyo Utara, dalam pernyataannya Ketua Panwaslu Moyo Utara menyampaikan bahwa hal ini berdasarkan intruksi dari Bawaslu Kabupaten untuk seluruh Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Sumbawa agar menyampaikan himbauan kepada lingkup Pemdes yang ada di Kecamatan masing-masing.

”Ini memang intruksi dari Bawaslu Kabupaten Sumbawa kepada kami, hal ini dilakukan tentu tidak lepas karna adanya dugaan kejadian pelanggaran Netralitas disalah satu Kecamatan yg dilakukan oleh Oknum Pemdes dan Perangkat Desa” ungkap Iqbal, Ketua Panwaslu Kecamatan Moyo Utara sapaan akrabnya saat ditemui di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Moyo Utara.

Lanjut Iqbal mengatakan, meskipun belum ada penetapan yang sah dari KPU terkait dengan calon Pemilu serentak T 2024, baik DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD, netralitas dan etika sebagai Pemerintah Desa, dan BPD ataupun ASN, dan semua Pihak yang dilarang ikut dalam Berpolitik oleh Undang-Undang, harus tetap dijaga dan dijunjung tinggi.

Menurut Koordiv. Penanganan & Penyelesaian Sengketa Panwaslu Kecamatan Moyo Utara, hal yang ditekankan didalam himbauan ini, adalah netralitas semua perangkat desa dan stage holder yang dilarang ikut berpartisipasi dalam politik. Salah satunya, saat menerima bantuan dari partai Politik dan Anggota Partai politik sedapat mungkin tidak melakukan foto bersama dengan gestur dan simbol dan membuat pernyataan di media yang mengarah pada pemberian dukungan.

”Kami menekankan hal hal yg bersifat yg menjurus pada pemberian dukungan, serta kepada semua pihak yang dilarang oleh Undang-Undang untuk ikut dalam politik praktis. Isi himbaun kami tidak lepas dari hal tersebut, terutama dalam hal menerima pemberian barang sumbangan, baik kepada instasi dan individu, jangan melakukan foto bersama dengan gestur dan menulis caption pada media sosial yg menjurus pada pemberian dukungan, ini tidak boleh dilakukan oleh pihak yang dilarang ikut berpolitik” tegas Yayat Irwansyah sebagai Koordiv. Penanganan dan Penyelsaian Sengketa Panwasslu Kecamatan Moyo Utara.

Dalam hal ini Ketua & Anggota Panwaslu Kecamatan Moyo Utara akan terus menginisiasi Kecamatan Moyo Utara sebagai kecamatan yang “NETRAL DAN TERTIB” dan siap menyukseskan Pemilu serentak Tahun 2024.

Fokus NTB

FokusNTB - Kabar Warga Nusa Tenggara Barat | email : fokusNTB@gmail.com

Related Articles

banner
Back to top button