www.domainesia.com
PemerintahanPeristiwa

Hujan Deras Rusak Sawah Warga dan Lahan Ponpes Darul Atqia Longsor, Harap Penanganan Pemda Lombok Tengah

Lombok Tengah, Fokus NTB – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Lombok Tengah beberapa hari ini membuat salah satu tebing di lahan Pondok Pesantren Darul Atqia yang beralamat di Dusun Embungduduk, Desa Labulia, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah mengalami longsor.

Akibatnya longsor tersebut merusak 1,5 hektar lahan persawahan dan mengancam bangunan kamar mandi santri putra.

TGH. Supardi Ramli Pengasuh Pondok Pesantren Darul Atqia saat dikonfirmasi membenarkan kalau terjadi longsor di lahan pondok pesantren yang diakibatkan hujan deras yang terus mengguyur wilayah Lombok Tengah sehingga terjadi pergeseran tanah di area kamar mandi santri.

“Beberapa faktor penyebabnya diantaranya karena dilahan yang merupakan tanah wakaf tersebut belum adanya tanggul penahan tanah, sehingga ketika hujan mengguyur terus menerus menyebabkan terjadinya longsor. Dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa, tetapi merusak sawah warga kurang lebih setengah hektar terendam diakibatkan sungai tertutup tanah yang longsor untuk lokasi tanah yang longsor sekitar 50 m² dan jaraknya 1 meter dengan bangunan kamar mandi santri putra,” imbuhnya (3/1/23).

H. Sukran salah satu warga yang rumahnya di dekat lokasi longsor mengatakan lokasi pondok pesantren dengan sungai sangat curam maka sangat dibutuhkan pelindung tanah/dibronjong dengan batu dan kawat besi agar tidak terjadi longsor yang lebih besar lagi karena dikawatirkan akan merobohkan kamar mandi santri.

“Harapan saya selaku warga disekitar Pondok Pesantren dan warga yang bermukim tidak jauh dari lokasi longsor agar ada perhatian dari instansi terkait khususnya dari Pemda Lombok Tengah melalui BPBD atau Dinas Pengairan untuk meninjau lokasi longsoran tersebut,” ujarnya(Yp).

FokusNTB

Fokus NTB - Kabar Warga Nusa Tenggara Barat I email: fokusntb@gmail.com

Related Articles

banner
Back to top button