Ekonomi BisnisOpini

Pemasaran Ternak Kerbau di Pasar Hewan Kabupaten Sumbawa

Oleh: Tiara Juli Anjani, mahasiswa Prodi S1 Peternakan Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Samawa

Salah satu ternak besar yang bernilai ekonomis yaitu kerbau. Kerbau adalah hewan 

yang cukup banyak di perjual belikan di pasar hewan Kabupaten Sumbawa. Nah adapun salah satu jenis kerbau yaitu kerbau bulbalus adalah jenis hewan ternak ruminansia besar  yang mempunyai potensi besar dalam penyediaan daging dan merupakan ternak asli daerah panas dan merupakan ternak belahan Utara tropika.

Adapun karakteristik kerbau di pasar hewan bervariasi, baik dari warna kulit dan jenis serta ciri lainnya. Apabila dibedakan berdasarkan jenis kelaminnya, maka kerbau jantan dewasa merupakan jenis kelamin yang paling dominan di pasaran hewan Kabupaten Sumbawa, dan diperkirakan mencapai 80% dan sangat jauh berbeda dengan betina muda 20% serta jenis kerbau muda yang sudah tidak produktif (15%).

Keragaman pemasaran ternak yaitu tidak terdapat perbaikan kualitas kerbau serta rasio keuntungan biaya dari masing-masing saluran pemasaran di Kabupaten Sumbawa. Biasanya dalam menentukan harga penjualan pedagang akan mematok harga berdasarkan harga perolehan ternak, di tambah dengan biaya lainya. Adapun besarnya margin keuntungan pedagang dalam penjualan ternak di pasar biasanya pengambilan untung sekiranya15-20% keuntungan.

Margin pemasaran ini mempunyai rantai yang panjang, tetapi tidak menjadi kendala bagi para pedagang di pasar hewan Kabupaten Sumbawa. Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan di setiap pasar hewan wilayah Kabupaten Sumbawa. Penjualan ternak ruminansia seperti kerbau, di petani selalu lebih murah di bandingkan dengan pemasaran ternak hewan.

Berdasarkan survei yang di lakukan di lapangan menunjukan bahwa pedagang kerbau di pemasaran hewan mengharapkan ternak yang mereka jual laku dan habis terjual. Meningkatnya populasi pemasaran ternak kerbau yang seimbang dengan kebutuhan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat wilayah Kabupaten Sumbawa. Pola pemasaran ternak kerbau di Kabupaten Sumbawa pemasaran ternak kerbau di jual melalui blantik /pengepul, namun demikian untuk penjualan anakan para peternak langsung ke konsumen.

FokusNTB

Pengelola menerima semua informasi tentang Nusa Tenggara Barat. Teks, foto, video, opini atau apa saja yang bisa dibagi kepada warga. Untuk berkirim informasi silakan email ke fokusntb@gmail.com

Related Articles

Back to top button