Ekonomi BisnisPemerintahan

Jadi Narasumber Acara Roadshow dan Talkshow, Gubernur NTB dan Bupati Dompu Bicara Industrialisasi

Dompu, Fokus NTB – Di Acara Roadshow dan Talkshow dengan Tema “Sinergisitas Pengembangan SDM Industri Dalam Mendukung Industri Prioritas di Kabupaten Dompu, Gubernur NTB, Dr. Zulkifliemansyah, SE., M.Sc dan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani berbicara masalah industrialisasi.

Acara yang di gelar pada Selasa pagi (18/10) mulai pukul 08.30 WITA di Lapangan Beringin Dompu, menghadirkan Gubernur NTB, Kepala Bank Indonesia wilayah NTB dan Pimpinan Wilayah Bank Syariah NTB, sebagai narasumber.

Kata Gubernur NTB atau yang akrab disapa Bang Zul, mengawali penyampaian materi menyebut industrilisasi sebaga sebuah kebutuhan.

“Agar berbagai produk unggulan daerah akan memiliki nilai tambah yang baik bila disentuh dengan industrialisasi, oleh karena itu agar produk unggulan daerah memiliki nilai tambah yang baik dan juga memiliki dampak yang besar bagi kesejahteraan masyarakat, kita harus mulai mempertimbangkan industrialisasi tersebut untuk dilakukan” kata bang Zul.

Gubernur juga mengatakan bahwa harus ada keberanian dari semua pihak untuk mewujudkan industrilisasi. “Sebagai misal melimpahnya produksi jagung Dompu kita tidak harus bangga dengan hanya menjual jagung dalam bentuk bahan mentah namun bagaimana jagung yang diproduksi oleh para petani sebelum dijual dapat diolah terlebih dahulu dan dimasa pandemi covid-19 berlangsung, NTB punya pengalaman yang baik dimana berbagai produk UMKM lokal diolah sebagai produk bansos bagi masyarakat. Apa yang dilakukan oleh NTB ini kemudian dicontoh oleh Kabupaten/Kota dan Provinsi lainnya di Indonesia” ungkapnya.

Gubernur mencontohkan di Kabupaten Dompu ini tidak hanya terkenal dengan jagung namun masih ada produk unggulan lainnya seperti sapi, ikan dan hasil tenunan masyarakat, produk-produk ini akan memiliki nilai tambah yang baik dan juga memberikan dampak ikutan lainnya bagi kesejahteraan masyarakat bila dapat disentuh dengan industrilisasi.

“Berbicara masalah industrilisasi tidak harus memulainya dengan hal yang berat-berat namun dapat dimulai dengan hal yang ringan yang diawali dengan komitmen yang kuat dari semua pihak di daerah untuk bela dan beli produk lokal daerah, kita bela dan beli produk dimaksud membuatnya bisa terus tumbuh atau berproduksi” terangnnya.

“Walau produk lokal daerah masih ditemui banyak kekurangannya dengan komitmen dari semua pihak untuk bela dan beli produk dimaksud sehingga ada kebanggaan dari semua pihak untuk memanfaatkan atau menggunakan produk lokal daerah, apabila kebanggaan seperti ini mampu dihadirkan maka akan berdampak yang baik bagi masyarakat” lanjutnya.

“Berbagai kekurangan yang dimiliki produk lokal daerah yang menyebabkan daya tariknya rendah dengan sentuhan industrilisasi secara perlahan akan bisa diperbaiki sehingga pada saatnya yang tepat daya tarik atau daya saing dari produk dimaksud dapat ditingkatkan” tegasnya.

Di momen ini selain memaparkan berbagai potensi lokal daerah seperti jagung, ikan, kain tenun dan lainnya yang bila dapat dikembangkan dengan baik melalui sentuhan industrialisasi, Bupati Dompu, H. Kader Jaelani menyebut produk-produk dimaksud dapat memberikan nilai tambah yang baik bagi masyarakat, dengan nilai tambah yang semakin baik tersebut masyarakat pun dapat memperoleh dampaknya yaitu dengan peningkatan kesejahteraannya.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu secara bertahap dan dengan skala perioritas akan terus berupaya meningkatkan daya saing produk-produk daerah sehinga dengan daya saing yang semakin baik tersebut dapat memberikan multi efek bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat” jelasnya.

Pengembangan berbagai produk yang disebut tentunya akan semakin baik bila dapat membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, Pemerintah Provinsi NTB, Dunia Usaha atau Pelaku Usaha, Perbankan dan dan lainnya yang terkait. “Dalam meningkatkan nilai tambah produk tersebut Pemda Dompu terus berupaya membangun kolaborasi dengan semua pihak” tuturnya.

Roadshow dan Talkshow Gubernur NTB dipandu moderator Dr. Dodo Kurniawan, SE., ME kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dan sertifikasi produk bagi Industri Mikro Kecil dan Menengah (IMKM) oleh Gubernur NTB, Bupati Dompu dan pejabat lainnya. Di akhir acara roadshow, Gubernur NTB dan rombongan dengan didampingi Bupati beserta Wabup Dompu, melakukan kunjungan ke stand (Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menampilkan aneka olahan produk.

Fokus NTB

FokusNTB - Kabar Warga Nusa Tenggara Barat | email : fokusNTB@gmail.com

Related Articles

Back to top button