EdukasiEkonomi Bisnis

Tingkatkan Kreativitas, KKL UNSA Desa Ledang Launching Produk Keripik Kedebong Pisang

Sumbawa, Fokus NTB – Dalam rangka melaksanakan salah satu program kerja Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dibidang kewirausahaan Tim 16 KKL desa Ledang mahasiswa Universitas Samawa (UNSA) mengadakan sosialisasi optimalisasi pemanfaatan pisang sebagai produk unggulan desa dengan rangkaian launching produk keripik kedebong pisang di dusun Ledang Beru, desa Ledang, kecamatan Lenangguar kabupaten Sumbawa pada, (01/08/2022) dibawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL) Novi Kadewi Sumbawati, S.E.,MM.

DPL KKL, Novi Kadewi Sumbawati, S.E, MM menyampaikan bahwa keberadaan pisang yang melimpah berpotensi untuk dijadikan berbagai macam olahan seperti kripik kedebong pisang keberadaan pisang yg melimpah berpotensi untuk dijadikan sebagai macam olahan, seperti keripik kedebong pisang.

“Adanya sosialisasi sekaligus pelatihan pembuatan produk olahan kripik kedebong pisang diharapkan bisa meningkatkan daya saing serta mengurangi limbah batang pisang,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, kegiatan pelatihan pembuatan kripik kedebong pisang berbahan dasar kedebong pisang juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas warga agar dapat diterapkan dan dimanfaatkan masyarakat sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa ledang sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan perekonomian masyarakat.

Foto: Novi Kadewi Sumbawati, S.E., MM. DPL KKL UNSA Desa Ledang.

“Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dan sambutan yang antusias dari masyarakat desa Ledang khususnya ibu-ibu PPK,” tuturnya.

Tim 16 KKL UNSA Desa Ledang (Foto: Istimewa).

Selain itu, Novi berharap dengan kegiatan ini ibu-ibu mampu berdaya saing untuk menghasilkan uang sendiri dan dapat memanfaatkan waktu luangnya sebagai ibu rumah tangga, “dengan diadakannya pelatihan pembuatan kripik kedebong pisang juga diharapkan bisa berkembang dikemudian hari dan menjadi UMKM unggulan yang mampu membawa nama baik desa Ledang,” ujarnya. (Red)

Related Articles

Back to top button