Ekonomi BisnisEtalase

NTBmall Ajak Pelaku UMKM Dompu Jadi Mitra Aktif

Dompu, FokusNTB – Roadshow NTBmall telah sampai di Kota Dompu, yang menjadi kota terakhir dari roadshow ini. Bertempat di Gedung PKK Jalan Beringin Dorotangga, Dompu tim Roadshow melakukan sosialisasi pada Jum’at (18/6). Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua DPC Hipmi Dompu Firmansyah Marombo, Pengurus Dekranasda, para pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) Kab.Dompu dan tamu undangan lainnya.

Manajer marketing NTBmall Devi Yunitami Rahman B.BA, yang ditemui usai acara menuturkan bahwa ini adalah kesempatan kedua kalinya “NTBmall Road To Pulau Sumbawa” setelah diawal tahun 2020 bersama wirausaha muda tapi hanya sampai di Bima dan Sumbawa. “Kami kembali Road To Pulau Sumbawa dengan mengangkat tema “Go Big with NTBmall” karena kami mau membuka mindset atau merangkul lagi UMKM yang belum tergabung di NTBmall” ungkap Devi.

Devi menuturkan bahwa pentingnya media digital atau teknologi sekarang ini yang harus para pelaku UMKM manfaatkan. Dengan munculnya aplikasi NTBmall ditengah-tengah masyarakat untuk membantu promosi produk-produk ditengah pandemi, NTBmall memberikan solusi karena dari pemerintah daerah memberikan lapak atau wadah yang gratis. “Jadi pelaku UMKM bisa menampungkan atau mempromosikan produknya di aplikasi itu sendiri” tutur wanita almuni President Unviersity ini.

Mewakili manajemen NTBmall Devi, berharap kedatangan dia bersama tim ke Dompu ini tidak hanya merangkul didaerah yang bisa dijamah. “Kami maunya keseluruhan semua bisa dirangkul, dan nanti diharapkan untuk semua UMKM Dompu bisa aktif menjadi mitra NTBmall dan juga kita bisa saling berkembang bersama, bahkan bisa mengembangkan UMKM NTB khususnya Dompu ini agar bisa dikenal khalayak luas” tandasnya.

Mengenai cara kerja dan pengoperasian NTBmall, Devi menjelaskan sama dengan aplikasi ecommerce lainnya. Namun di aplikasi ini hanya menampung produk yang dijualkan oleh masyarakat NTB. “Siapapun misalnya yang punya toko apa, jualan apapun asalkan berdomisili di NTB bisa menjualkan produknya di aplikasi kami. Yang kami harapkan semua produk asli NTB yang penjualannya bahkan bisa sampai luar negeri” ujar Devi.

Devi dan tim juga berharap NTBmall menjadi aplikasi nomor 1 di propinsi ini “Seperti tag line kami “semua ada, semua bisa”, jadi apapun yang dicari di aplikasi NTBmall semua ada dan juga ini adalah upaya untuk meningkatkan perekonomian atau kemajuan produk dari UMKM NTB itu sendiri” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua BPC Hipmi Dompu Firmanysah Marombo mengapresiasi kehadiran tim dari NTBmall di kota Dompu. Melalui kegiatan ini, Firmansyah berharap produk dan jasa yang dihasilkan pelaku UMKM yang ada di kabupaten Dompu ini bisa dipasarkan dan dipromosikan lewat platform digital NTBmall. “Jadi untuk teman-teman pelaku UMKM yang ada di Dompu walaupun kita sekarang masih dilanda suasana pandemi covid-19 jangan patah semangat karena dibalik kesulitan ada kemudahan, dibalik musibah ada peluang yang masih bisa ditangkap pelaku UMKM” kata Firman.

Ketua BPC Hipmi Dompu, Firmansyah Marombo

Seorang tamu undangan, Hendra Cipta ST, ketika ditanya tanggapannya, mengatakan keberadaan NTBmall bisa mengakomodir barang-barang lokal dalam hal pemasaran skala NTB maupun nasional. Dia juga berharap kepada manajemen NTBmall untuk bisa secara mendetail lagi sosialisasinya. “Apakah barang yang masuk pajangan NTBmall apakah cukup punya barang atau harus ada kriteria tertentu kayak kualitas barangnya dilihat apakah dari desainnya, dari banyak pembeli, ataukah dari rekomendasi” ujarnya.

Hendra juga berharap agar Pemda Dompu dapat memfasilitasi agar UMKM bisa menyeleksi produk lokal yang berkualitas. “Ini juga menjadi PR Pemda Dompu agar menjadi barang lokal yg berkualitas. Sedangkan untuk memajang aja antri banget di NTBmall offline nya, kalau di online terbantu sekali, hanya saja viewnya masih kurang dibanding e-commerce lainnya” kata pria yang juga Ketua Komunitas Gong 2000 kabupaten Dompu.

Fokus NTB

FokusNTB - Kabar Warga Nusa Tenggara Barat | email : fokusNTB@gmail.com

Related Articles

Back to top button