Kabar WargaKesehatanSosial

Ananda Ratnah Febrianti, Korban Luka Bakar Butuh Uluran Tangan 

Dompu, FokusNTB – Lembaga sosial, Legalitas NTB pada Kamis (10/6) berkunjung ke rumah Ananda Ratnah Febrianti, usia 3 tahun penderita luka bakar yang beralamat di dusun Saka, desa Mangge Asi, Kec/kab. Dompu. Saat dikunjungi, Ratnah ditemanin oleh ibunya Nurhidayah.

Kronologi kejadian seperti yang diceritakan oleh Nurhidayah bahwa Ratnah melihat bapaknya mandi, maka diapun ikutan. Sang bapak kemudian menyuruh istrinya untuk membawakan air hangat yang telah dimasaknya.

“Biasanya Ratnah ini kalau mandi langsung membasahi kepalanya. Tapi tadi malam (Rabu malam-red) dia langsung ambil air panas tersebut. Melihat sang anak mengambil air tersebut buat mandi, sang bapak hanya diam karena dikiranya air dingin tapi ternyata air panas. Ratnah menyiram tubuhnya sebelah kiri setelah itu mengguyur kepalanya. Ratnah pun berteriak panas, dan segera saya larikan ke dukun setempat” ungkap Nurhidayati menceritakan kronologi kejadian yang menimpa anak bungsunya tersebut kepada pihak Legalitas NTB.

Tempat tinggal yang ditempati Ratnah bersama orangtuanya juga sangat memprihatinkan. Awalnya lokasi ditempati keluarga ini yaitu tanah tetangganya yang merupakan bekas kandang ayam. Dari video wawancara terlihat latar belakang keadaan bagian dalam rumah. Dinding tiap rumah hanya disekat oleh kain bekas spanduk dan dinding luar terbuat dari anyaman bambu.

Keluarga ini awalnya mengontrak sebuah rumah selama 9 tahun, karena tidak ada uang untuk membayar kontrakan akhirnya ibu Nurhidayah dan anak-anaknya di usir dari kontrakan.

Selain Ratnah, ibu Nurhidayah memiliki 2 (dua) anak yang lain. Anak pertama akan masuk SMP dan yang ke dua akan masuk SD.

Kedua orangtua dari Ratnah kesehariaannya hanya serabutan. “Kalau ada kerja di sawah atau gudang, saya ikut kerja yang penting halal” kata Nurhidayah menjawab pertanyaan para aktivis sosial. Suaminya pun tidak memiliki pekerjaan tetap.

Legalitas NTB yang diketuai Sahidah S.Pd saat ini mencarikan donatur untuk meringankan beban hidup keluarga ini. Sahidah berharap setelah mengetahui berita ini, ada donatur yang terketuk menyisihkan sebagian rejekinya. “Semoga ada pihak yang membantu, mohon di share juga beritanya” tutur Sahidah.

Dia memberikan nomor rekerning dan kontak 082341607050 yang bisa dikonfirmasi untuk pemberian donasi.(Fokus)

Fokus NTB

FokusNTB - Kabar Warga Nusa Tenggara Barat | email : fokusNTB@gmail.com

Related Articles

Back to top button