EdukasiPeristiwa

Peduli Pendidikan, Mahasiswa UMM Gelar PMM di Desa Kakiang

Sumbawa Besar, Fokus NTB – Universitas Muhammadiyah Malang gelar Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di desa Kakiang, Moyo Hilir. Kegiatan ini resmi dimulai pada Sabtu (5/6) yang disertai seremoni pembukaan yabg dihadiri Kepala Desa Kakiang, Kepala Dusun, Guru MI dan RA Al-Amin dan sejumlah perwakilan pengurus Remaja Masjid Nurul Qudus Desa Kakiang dan tokoh masyarakat.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa yang diperuntukkan kepada siswa-siswi RA dan MI Al-Amin Kakiang yang diharapkan dapat bersifat berkelanjutan. PMM kelompok 46 beranggotakan 4 orang yaitu Fadillah Ahmad Nur, Satria Sodikin, dan M. Yusril Satriawan dari Fakultas Agama Islam, sedangkan Rizkia Nabillah dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

PMM 46 ini mengusung tema “Optimaslisasi Kualitas Layanan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kakiang”, kegiatan pengabdian ini berfokus kepada bidang pendidikan desa serta pengembangan sumber daya manusia. Kegiatan pertama berupa kunjungan ke guru RA Al-Amin dan MI Al-Amin Kakiang diskusi masalah dan solusi pendidikan selama masa pandemi dan daya minat siswa pada kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Alasan mengapa PMM Kelompok 46 berfokus pada pendidikan karena kondisi pendidikan yang memprihatinkan, guru kesusahan dalam pengontrolan belajar jarak jauh dan dirasakan kurang kondusif serta siswa susah memahami pelajaran, oleh karena itu kehadiran mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang merupakan angin segar bagi para guru dan orang tua yang membantu dalam pengembangan pendidikan para siswa-siswi.

Adil selaku koordinator PMM UMM Kelompok 46 Gelombang 5 mengutarakan, ingin menebar kebermanfaatan yang lebih luas dalam bidang pendidikan di desanya, akan tetapi karena terbatasnya jumlah anggota hanya maksimal 5 orang dalam satu kelompok, sehingga memutuskan untuk penerapan program PMM nya difokuskan ke satu lembaga pendidikan Yayasan Al-Amin Kakiang.

Adil berharap akan ada mahasiswa mahasiswa dari kampus lain yang melaksanakan KKN di Kakiang, agar bisa dirasakan kebermanfaatan oleh lembaga pendidikan lainnya baik TK ataupun SDN Kakiang.

Dalam sambutannya, Bapak Erfan Darisman, selaku Kepala Desa Kakiang, menerima baik dan menyampaikan bahwa “Kegiatan PMM yang dilaksanakan oleh mahasiswa UMM merupakan kegiatan yang sangat tepat dan menarik karena melihat fenomena pendidikan Indonesia saat ini kurang kondusif dengan pembelajaran jarak jauh,” jelasnya.

Beliau juga mengutip perkataan Ki Hajar Dewantara, “Setiap orang adalah guru dan setiap tempat adalah sekolah”. Diakhir sambutannya beliau berharap kegiatan ini bisa membantu siswa-siswi agar lebih memahami pelajaran dan penanaman karakter.

Pada saat para tamu undangan memasuki aula balai desa Kakiang, dilakukan pembagian masker serta penerapan protokol kesehatan dengan menjaga jarak.

FokusNTB

Fokus NTB - Kabar Warga Nusa Tenggara Barat I email: fokusntb@gmail.com

Related Articles

Back to top button