Opini

Melirik Potensi Tersembunyi Di Dusun Nanga Lidam

Buyung Arsupria Putra 

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (IISBUD SAREA)

Dusun Nanga Lidam merupakan dusun yang terletak di pesisir laut yang  termasuk kedalam bagian administratif desa olat rawa yang terletak di kecamatan Moyo Hilir, Sumbawa, NTB. untuk menempuh perjalanan menuju Dusun nanga lidam memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat dari kota Sumbawa, hal ini dikarenakan kondisi infrastruktur jalan menuju kesana terbilang cukup parah atau sangat memprihatinkan. Dengan kondisi infrastruktur jalan yang tidak memadai masyarakat tiap harinya harus bergelut dengan debu dimusim kemarau dan lumpur di musim hujan.  Kondisi ini menjadi gambaran nyata salah satu perkampungan yang ada dikabupaten Sumbawa yang luput dari perhatian pemerintah.

Jika kita berbicara infrastruktur, yang terlintas dalam pikiran adalah pembangunan secara fisik. Pembangunan infrastruktur merupakan salah satu bagian dari pembangunan nasional dan digunakan sebagai langkah untuk mensejahterakan warganya melalui peran kebijakan pemerintah. Hal yang sama juga terjadi di Desa, infrastruktur menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, infrastruktur menjadi salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan kemandirian dan perekonomian warga Desa. Dalam konteks pembangunan Desa, penulis tertarik membahas potensi yang ada di dusun nanga lidam yang tidak pernah di lirik atau terekspos di publik beberapa diantaranya adalah potensi kekayaan alam dan wisata. Potensi yang ada tentunya jika dikembangkan maka dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan hal tersebut menjadi langkah awal dalam memutus mata rantai kemiskinan. Disini penulis, akan memaparkan potensi dan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, yakni sebagai berikut:

Perikanan

Dusun Nanga Lidam Desa Olat Rawa termasuk salah satu dari 63 Desa atau Kelurahan pesisir yang ada di kabupaten Sumbawa yang mata pencaharian masyarakatnya dalam menopang kebutuhan hidup adalah nelayan. Sebagai seorang nelayan tentunya mata pencaharian pokok yang paling utama ialah memanfaatkan hasil kekayaan laut yang ada.

Potensi rumput laut

Rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Dikabupaten Sumbawa lokasi usaha budidaya rumput laut tersebar pada 7 kecamatan, salah satunya kecamatan Moyo Hilir. Berbicara rumput laut yang ada di kecamatan moyo hilir tentunya perhatian kita akan tertuju ke dusun nanga lidam. Sebab, rumput laut yang ada di dusun Nanga Lidam memiliki kualitas yang bagus.

Wisata Dangar Ode

Pulau Dangar Ode merupakan salah satu pulau dari sekian banyaknya pulau kecil yang terletak di kawasan teluk saleh kabupaten Sumbawa. Teluk saleh sendiri dinobatkan sebagai akuarium dunia yang memiliki berbagai macam jenis terumbu karang, ikan dan biota laut lainnya. Sedangkan  untuk akses jalan menuju pulau Danger Ode salah satunya melalui dusun nanga lidam.

Dari potensi yang sudah dipaparkan diatas, tentunya salah satu yang menjadi faktor pendukung dalam mengembangkan potensi yang ada guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat ialah infrastruktur jalan. Masyarakat mengalami kesulitan dalam mendistribusikan hasil kekayaan alam yang ada. Karena, dari semenjak puluhan tahun infrastruktur jalan yang ada di dusun nanga lidam tidak pernah mendapat perhatian dari pemerintah. Masyarakat berharap agar pemerintah betul-betul serius dalam menyikapi persoalan ini, karena masyarakat pun ingin menikmati kenikmatan jalan yang bagus. Sehingga oleh karena itu, perlu adanya peran serta kebijakan serius dari pemerintah dalam menyikapi persoalan tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button