Pemda Sumbawa Gelar Musrenbang Kabupaten Sumbawa Dalam Rangka Penyusunan RKPKD Tahun 2022


Sumbawa Besar, Fokus NTB - Pemerintah Kabupaten Sumbawa pada tahun 2021 kembali menggelar Musrenbang RKPD 2022 Kabupaten Sumbawa secara resmi dibuka Penjabat Bupati Sumbawa Ir Muhammad Husni MSi, melalui meeting Zoom (30/3). 

Penjabat Bupati Sumbawa yang baru saja dilantik ini langsung memimpin jalannya rapat serta membuka secara resmi kegiatan tersebut. 

"Kita patut bersyukur ditengah berbagai permasalahan dan tantangan pembangunan yang kita hadapi kita masih diberikan ketegaran, kekuatan dan kesabaran untuk terus mencurahkan pengabdian terbaik dalam membangun Bangsa, Negara dan Daerah kita tercinta,” terangnya.

Bahkan sebelumnya pada 9 Desember 2020 lalu Kabupaten Sumbawa telah melaksanakan Pilkada serentak, dan seluruh prosesnya telah tuntas, tidak lupa saya mengucapakan selamat atas ditetapkannya Bapak. Drs H. Mahmud Abdullah dan Ibu Noviany SPd.M.Pd sebagai Bupati dan wakil Bupati Sumbawa Periode 2021-2024. 

"Tak lupa pula, saya sampaikan penghargaan kepada seluruh hadirin peserta Musrenbang RKPD Kabupaten Sumbawa yang berkesempatan hadir, Saya harapkan dapat menghasilkan rencana pembangunan daerah yang dapat menjawab kebutuhan kita semua yang akan dilaksankan pada tahun 2022,” harapnya.

Saat ini saya bertugas sebagai Pejabat Bupati Sumbawa  yang mengantarkan Pelantikan Bupati terpilih, arah pembangunan Sumbawa sudah jelas sesuai dengan visi misi Bupati terpilih, ibarat pesawat, saat ini pesawatnya sudah jelas dan kemana arahnya nanti akan disesuaikan dengan pilotnya, nantinya Bupati dan Wakil Bupati kan membuat RPJMD yang akan menjadi referensi bagi seluruh OPD di Kabupaten Sumbawa

Pelaksanaan Musrenbang ini sebelumnya diawali dengan penyampaian arah dan rundown  Musrenbang RKPD 2021 oleh Kepala Bappeda Kab Sumbawa H. Junaidi M.Si, Penyampaian Pokok Pokok Pikiran DPRD Kabupaten Sumbawa oleh Ketua DPRD Abdul Rafiq, dan arah RPJMD Provinsi NTB oleh Kepala Bappeda Provinsi NTB Dr. H. Amri.M.Si.,


Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq menyampaikan, bahwa aspirasi masyarakat yang dihimpun oleh  seluruh anggota Dewan, diharapkan dapat menjadi perhatian kita semua. Pokok pikiran (Pokir) terakumulasi dari berbagai sumber, diantaranya dari tuntutan, harapan, dan kepentingan rakyat yang disampaikan melalui hasil reses yang dilakukan oleh Pimpinan dan Anggota DPRD serta aspirasi yang berkembang di tingkat Komisi-Komisi Dewan sebagai representasi dari tugas dan fungsi DPRD sebagai lembaga legislasi, anggaran, dan lembaga kontrol yang mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Untuk menopang pembangunan di daerah kita agar lebih maju dan berkembang, DPRD menekankan agar daerah memperluas sumber pendanaan selain bantuan Pusat dan Provinsi juga bersumber dari Swasta (CSR). DPRD menekankan pada pembangunan berkelanjutan yakni mensinergikan antara Pilar Sosial Kemasyarakatan, Pilar  Ekonomi, Pilar Lingkungan, Pilar Pembangunan Infrastruktur dan Pilar Pendidikan dan Kesehatan.


Dalam kesempatan tersebut Hadir Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, Kepala Kejaksaan Tinggi Kabupaten Sumbawa, Kapolres Sumbawa, Sekretaris Daerah, Asisten I, II, III, Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Mahmud Abdullah & Dewi Noviany  SPd. MPd., Kepala OPD secara daring diikuti oleh Camat, Kades, tokoh masyarakat, pimpinan instansi vertikal, dan lembaga pendidikan.


0/Post a Comment/Comments