HMS Bersama Kementan RI Gelar Bimtek Petani dan Penyuluh Pertanian di Kabupaten Sumbawa Tahun 2021


Sumbawa Besar, Fokus NTB - Anggota Komisi IV DPR RI Haji Muhammad Syafruddin ST.MM (HMS) atau akrab di sapa Rudy Mbojo,  bersama Kementrian Pertanian Republik Indonesia gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada petani dan penyuluh Pertanian di kabupaten Sumbawa Tahun 2021. Hal ini juga merupakan Aspirasi HMS  sebagai bentuk kegiatan kerjasama kemitraan dengan Kementrian Pertanian Republik Indonesia.


Kegiatan itu dibuka oleh panitia kegiatan Wakil Direktur Politeknik Pertanian Malang,  Dr.  Ir.  Abdul Farid MP, yang mengatakan bahwa bimtek ini dilaksanakan serentak di sejumlah daerah, baik Jawa Timur dan termasuk kabupaten Sumbawa. Peserta sebanyak 2500 orang. "Pelatihan ini dapat meningkatkan  kapasitas penyuluh maupun petani," tambahnya, Selasa (2/3) di aula Hotel Sernu Sumbawa.


Lanjut Abdul Farid, dengan peningkatan kapasitas maka produktifitas pertanian nasional yang saat ini sudah dicapai semakin meningkat lagi dengan kegiatan Bimtek ini. Bimtek ini diikuti Penyuluh Pertanian 30 orang,  serta 30 petani. 



Pada waktu yang sama Anggota Komisi IV DPR RI H. Muhammad Syafrudiin ST. MM.  berharap peserta dapat memeroleh pengetahuan yang dapat diimplentasikan di lapangan. Pemerintah pusat sudah memberikan insentif kepada penyuluh diseluruh Indonesia termasuk di kabupaten Sumbawa.


"Tidak sampai disitu, saya tetap menyuarakan di pemerintah pusat, bagi yang sudah layak menjadi pegawai negeri silahkan diangkat, dan alhamdulillah beberapa sudah diakomodir dan direalisasi oleh pemerintah. Mereka diberikan kemampuan yang maksimal karena penyuluh pertanian merupakan ujung tombak di lapangan,  bahkan saya sampaikan di pemerintah pusat agar diberikan bimbingan teknis akhirnya seperti hari ini terealisasi pembekalan supaya semuanya sejahtera," tambahnya.


Pada kesempatan ini, Plh Bupati Sumbawa Drs. H. Hasan Basri MM dalam sambutanya dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan itu menyampaikan bahwa daerah kabupaten Sumbawa memiliki potensi pertanian sangat luar biasa, tentu kalau tidak didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) akan menjadi sia - sia. 


Oleh karena itu mengingatkan kepada petugas penyuluh pertanian kabupaten Sumbawa bahwa perannya sangat strategis dan harus bekerja dengan baik. Bahkan tidak dipungkiri daerah kita merupakan salah satu daerah penyangga Pangan Nasional,  Lumbung Nasional, bagaimanapun dari hari ke hari terus terjadi peningkatan hasil pertanian.


"Bagaimana kita intensifkan lahan yang sudah ada, karena itu penyuluh pertanian perlu diapresiasi, yang telah bekerja keras mengatasi persoalan pertanian dilapangan, apalagi sudah ada yang diangkat menjadi P3K seperti PNS," jelasnya.


Plh Bupati Sumbawa mengingatkan, secara umum orang yang sukses dan berhasil pertama dia memiliki integritas, disiplin dan mencintai pekerjaannya. 


Apapun bentuk Bimtek baru dikatakan berhasil ketika ada perubahan sikap ketika terjun dilapangan, itu dinamakan   bimtek yang berhasil. Tentu seperti yang sudah dijelaskan bagaimana tujuan kegiatan ini meningkatkan kompetensi, kemampuan SDM memberikan pelajaran dan memberikan  bimbingan kepada petani kita.  


Ia pun berharap seluruh penyuluh pertanian bisa memahami dengan baik, dan menyampaikan kepada petani agar ada perubahan yang baik, apa yang didapatkan di kegiatan ini bisa di terapkan di wilayah tugasnya masing - masing. (Deds)

0/Post a Comment/Comments