Motor Listrik Buatan Sumbawa Diluncurkan


Sumbawa, Fokus NTB - Industri Kecil Menengah (IKM) NTB hebat-hebat. Bukan hanya mampu memproduksi berbagai jenis makanan dan pakaian, tapi anak-anak NTB juga mampu menciptakan sebuah teknologi canggih seperti Motor Listrik dan Mobil Listrik buatan oleh siswa-siswa SMKN 1 Lingsar, Lombok Barat. Kali ini, pembuatan Motor Listrik juga berhasil diciptakan di Kabupaten Sumbawa.

"Jangankan permen susu dan pekerja tambang, orang sumbawa juga bisa bikin motor listrik yang sangat canggih sekalipun. Jadi tidak ada yang tidak mungkin," kata Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah yang Didampingi Kapolda NTB, Muhammad Iqbal dan Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril usai melaunching 4 unit Motor Listrik di halaman kantor Bupati Sumbawa, Jumat (05/06).

Empat unit Motor Listrik itu merupakan buatan IKM asal Desa Boak, Kecamatan Unter Iwes kabupaten Sumbawa. Motor listrik yang diberi nama NgebUTS ini dapat bertahan sampai 30 km tanpa menggunakan pedal dan 40-60 km apabila pedalnya dikayuh. Desain pembuatannya bekerja sama dengan dosen-dosen Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang sekaligus sebagai pembinanya. Gubernur panggilan akrabnya Dr. Zul, menegaskan, Torehan yang luar biasa ini, memberikan semangat baru bagi anak-anak NTB yang hebat untuk terus berkarya dengan segala potensi yang ada.

"Sebenarnya kekuatan mereka terletak pada asalkan diberi kesempatan. Karena kemampuan mereka tidak diragukan. Karena NTB memiliki pemuda dengan kemampuan-kemampuan yang luar biasa," tegas Dr. Zul.

Oleh karena itu, lanjut Pria kelahiran Sumbawa itu, dengan prestasi itu diharapkan kepada Bupati Sumbawa jika ada tamu-tamu dari luar kota, bukan hanya dikasih permen susu kuda liar tapi harus kasih motor Listrik buatan Sumbawa. Industrualisasi di NTB mulai terwujud, kesejahteraan masyarakat akan segera dirasakan oleh masyarakat dengan mencintai produk-produk lokal.

Menanggapi hal itu, Bupati Kabupaten Sumbawa, H. M. Husni Djibril menungkapkan, siapapun yang mampu berkarya dengan produk-produk yang luar biasa, tentu akan membawa nama baik buat masyarakat Sumbawa. Torehan ini akan terus mendapat perhatian dari pemerintah untuk terus dikembangkan.

"Saya mengajak pemuda dan masyarakar Sumbawa berlomba-lombalah dalam berkarya, terutama mencintai produk-produk lokal," ungkapnya.

Usai dilaunching, keempat motor listrik tersebut langsung dilakukan uji coba oleh Kepala Polda NTB, Muhammad Iqbal bersama forkompinda Provinsi NTB.(man/edyKominfo)

0/Post a Comment/Comments