MAHASISWA BALI DAN JAWA RAMAIKAN LINTAS RINJANI


Mataram, Fokus NTB  - Puluhan mahasiswa dari sejumlah universitas di Bali dan Pulau Jawa ikut meramaikan Lintas Gunung Rinjani yang digelar Balai Taman Nasional Gunung Rinjani mulai 3-6 November 2012.
     Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Agus Budiono, di Mataram, Jumat, mengatakan, sebanyak 35 tim sudah mendaftarkan diri pada panitia pelaksana. Masing-masing tim terdiri atas 3-4 orang.
     "Dari 35 tim yang sudah mendaftarkan diri sebagian besar adalah mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Nusa Tenggara Barat (NTB), selebihnya mahasiswa dari Bali dan Pulau Jawa. Ada juga masyarakat umum," katanya (2/11).
     Ia mengatakan, para peserta akan melakukan pendakian melalui jalur pendakian di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur dan akan turun melalui jalur pendakian Senaru, Kabupaten Lombok Utara.
     "Para peserta akan mulai melakukan pendakian Sabtu (3/11) dan tiba di pos TNGR Senaru, Senin (5/11). Para peserta nantinya akan disambut oleh pejabat dari Kementerian Kehutanan," ujarnya.
     Agus yang didampingi Ketua Panitia Pelaksana Lalu M Fadli, mengatakan, penyelenggaraan lintas Gunung Rinjani III pada 2012 memiliki misi memperkenalkan kawasan TNGR sebagai kawasan konservasi sekaligus sebagai daerah tujuan wisata alam.
     Para peserta bisa menikmati keindahan flora dan fauna di kawasan TNGR yang merupakan salah satu dari 51 taman nasional yang ada di Indonesia.
     Sebelum mencapai puncak Gunung Rinjani, para peserta dapat menikmati keindahan panorama alam Danau Segara Anak. Danau tersebut berada pada ketinggian sekitar 2.010 meter di atas permukaan laut (dpl) sebelum puncak Gunung Rinjani ((3.726 dpl).
     "Lintas Gunung Rinjani ini diharapkan bisa menjadi kegiatan yang mendukung program Pemerintah Provinsi NTB dalam mengembangkan pariwisata daerah," ujarnya.
     Ketua Panitia Pelaksana Lintas Gunung Rinjani Lalu M Fadli, mengatakan, Lintas Rinjani merupakan even tahunan yang diselenggarakan oleh BTNGR.
     Lintas Rinjani tahun ini merupakan yang kedua dengan tema "Melalui Lintas Rinjani Kita Lestarikan Kawasan Konservasi Dalam Rangka Mendukung Visit Lombok Sumbawa 2012".
     Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat umum, mulai remaja hingga dewasa yang memiliki semangat petualang, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.
     Namun demikian, mengingat statusnya sebagai Kawasan Konservasi, maka banyaknya peserta disesuaikan dengan daya dukung kawasan, yaitu sekitar 300 orang.
     "Secara khusus, pelaksanaan Lintas Rinjani 2012 merupakan ajang promosi wisata pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani, disamping memperkenalkan potensi wisata alam lainnya di Pulau Lombok," ujarnya.
     Ia mengatakan, bentuk-bentuk kegiatan yang  diselenggarakan dalam even ini meliputi, pendakian secara beregu sebagai kegiatan utama yang dilombakan melalui serangkaian penilaian berdasarkan parameter-parameter yang telah ditetapkan.
     Kegiatan lainnya adalah bakti konservasi melalui aksi bersih terhadap vandalisme dan sampah, kampanye pelestarian TNGR dan pernyataan sikap dukungan terhadap keutuhan dan kelestarian TNGR.
     Menurut Fadli, Lintas Rinjani 2012 akan melewati rute yang sama dengan pelaksanaan tahun sebelumnya yaitu jalur pendakian resmi mulai Pintu Sembalun dan keluar melalui Pintu Senaru. 
     Secara rinci rute pendakian adalah masuk melalui Pintu Sembalun -Pelawangan Sembalun-Danau Segara Anak-Pelawangan Senaru-keluar melalui Pintu Senaru.
     Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya juga melibatkan unsur kepolisian, "search and rescue" (SAR) serta tenaga medis. (Ant)

0/Post a Comment/Comments