PemerintahanPeristiwa

Dompu Segera Bentuk Desa Sadar Hukum

Dompu, Fokus NTB – Bertempat di Ruang Rapat wakil Bupati Dompu telah berlangsung kegiatan rapat persiapan pembentukan Desa Sadar Hukum. Kegiatan tersebut dilakukan di Senin (24/5) pukul 09.30 WITA.

Turut hadiri dalam kegiatan ini Kabag Hukum Pemda Kab. Dompu Furkan SH.MH, Kepala DPM PD Kab. Dompu Khairudin SH, Kepala Bapenda Armansyah, Perwakilan Kemenag Dompu H. A. Gani Malik, para Camat, Perwakilan Dinas Kesehatan Marya Ulfa ST.MKes, Kabag Ops Polres Dompu AKP I Komang Astrawan dan Kasat Intelkam Polres Dompu IPTU Makrus S.Sos, Pewakilan Kepala Desa tiap Kecamatan.

Dalam penyampaiannya, Kepala DPM PD Kab. Dompu KHAIRUDIN, SH mengatakan dalam pertemuan ini membahas tentang pembentukan Desa Sadar Hukum.

Perwakilan Kementrian Agama Kab. Dompu, H. A. Gani Malik bahwa untuk pernikahan dibawah umur di Wilayah Kab. Dompu dominan terjadi pernikahan dibawah umur. “Untuk data-data masyarakat yang menikah dibawah umur akan kami berikan kepada Pemda,” ungkap beliau.

Sedangkan Kabag Ops Polres Dompu AKP I KOMANG ASTRAWAN menyampaikan pada pertemuan tersebut informasi situasi kamtibmas di Kab. Dompu sampai saat ini aman dan kondusif. Kemudian terkait narkoba untuk di Kab. Dompu cukup dominan perkembanganya dengan adanya beberapa oknum anggota Polri yang bermain dengan bisnis ini. Kabag Ops Polres Dompu ini menyatakan dari pimpinan Polri akan menindak tegas apabila ada oknum anggota Polri yang bermain di bisnis narkoba.

Selanjutnya Kasat Intelkam IPTU Makrus S.Sos mengutarakan beberapa hal. Antara lain seringnya blokade jalan oleh masyarakat, maraknya kasus KDRT, kasus bunuh diri khusus di Kec. Hu’u itu yang sering sekali terjadi, tingginya kasus pembuatan cabul yang diakhiri penganiyaan dan pembakaran rumah oleh keluarga korban terhadap rumah pelaku cabul. “Terkait blokade jalan, pesannya pak Kapolres setiap adanya permasalahan atau kejadian di Desa agar Kepala Desa ikut turun menyelesaikan permasalah yang terjadi” ujar IPTU Makrus. Tidak lupa beliau menyampaikan bahwa bapak Kapolda NTB memberikan apresiasi untuk Polres Dompu terkait keamanan di wilayah Kab. Dompu yang aman dan kondusif.

Sementara itu perwakilan dari Kepala Dinas Kesehatan Kab. Dompu Marya Ulfa ST.MKES mengatakan bahwa untuk wilayah Kab. Dompu sudah sebagian besar masyarakat ikut melestarikan lingkungan sehat.

“Bahwa kegiatan rapat persiapan pembentukan Desa Sadar Hukum adalah untuk dilakukan penilaian oleh Pemerintah Pusat terhadap Desa-Desa di Kab. Dompu dalam hal sadar hukum” Kasi Humas Polres Dompu IPDA Handik Wijaksono dalam siaran persnya.(Din)

FokusNTB

Fokus NTB - Kabar Warga Nusa Tenggara Barat I email: fokusntb@gmail.com

Related Articles

Back to top button