PeristiwaPolhukam

Kapolres Bima Pimpin Analisa dan Evaluasi Bhabinkamtibmas Se-Polres Bima

Bima, Fokus NTB – Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, S.I.K didampingi Kabag OPS AKP Herman SH beserta Kasiwas IPDA Bakar pimpin kegiatan Analisa dan Evaluasi Peningkatan Kinerja Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Bima Polda NTB. Kegiatan ini bertujuan untuk cipta kondisi sitkamtibmas yang kondusif di wilayah kabupaten Bima. Acara yang bertempat di aula barak Dalmas, pada Sabtu (22/5) pukul 09.00 WITA ini dihadiri oleh personil Bhabinkamtibmas sebanyak 93 orang.

Dalam sambutannya Kabag Ops Polres Bima menyampaikan, bahwa kegiatan Anev ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kinerja Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Bima dalam bermitra dan memberikan pelayanan kepada masyarakat serta sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja anggota Polri khususnya Bhabinkamtibmas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Kendala ataupun masukan demi menjaga Harkamtibmas tetap kondusif dimana tantangan kedepan semakin berat dengan banyaknya permasalahan-permasalahan yang terjadi” kata AKP Herman SH.

“Kita ingin memiliki Bhabinkamtibmas yang mumpuni dalam bidang pembinaan masyarakat serta inovatif ditengah-tengah masyarakat sehingga memiliki dampak kemampuan memelihara dan menciptakan rasa aman dan nyaman” ucap Kabag OPS.

Dalam pengarahannya, Kapolres Bima AKBP Gunawan Tri Hatmoyo, S.I.K menyampaikan beberapa metode yang bisa dilaksanakan oleh Bhabinkmatibmas dalam bertugas. Diantaranya kemampuan sebagai seorang mediator dalam memediasi permasalahan-permasalahan yang timbul, kemudian volume kehadiran Bhabinkamtibmas di tengah masyarakat juga menjadi tolak ukur didalam menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, serta kecepatan mendatangi TKP apabila terjadi suatu permasalahan karena akan sangat menentukan untuk mencegah dan mengurangi niat kejahatan selanjutnya.

Kapolres menyampaikan terimakasih dengan adanya penurunan angka kriminalitas yang tidak lepas dari peran Bhabinkamtibmas dalam meminimalisir aksi kejahatan dengan bentuk ajakan dan himbauan kepada masyarakat. Beliau juga meminta seluruh Bhabinkamtibmas untuk tetap selalu pro aktif turun ke desa binaannya dan peduli terhadap masyarakat. Selain lebih dekat dengan masyarakat, Bhabinkamtibmas juga dengan sendirinya dapat mengenal karakter serta mengetahui problematis yang ada diwilayah masing – masing.

Masih lanjut Kapolres Bima memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk lakukan pembinaan dan dengar keluhan serta informasi dari masyarakat sekecil apapun guna mencegah gangguan Kamtibmas dan gejolak sosial di masyarakat.

Seiring saat ini dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang belum kunjung reda, semakin menjadi tugas ekstra bagi seorang Bhabinkamtibmas untuk terus dan terus menghimbau warganya dalam mematuhi protokol kesehatan. “Intinya saya menaruh harapan kepada seluruh Bhabinkamtibmas untuk menjadi seorang ditauladani dengan kualitas ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang baik, laksanakan tugas dengan ikhlas agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik pula” harap beliau.(Din)

FokusNTB

Fokus NTB - Kabar Warga Nusa Tenggara Barat I email: fokusntb@gmail.com

Related Articles

Back to top button