PeristiwaPolhukam

Dompu Gelar Aksi Solidaritas untuk Palestina

Dompu, Fokus NTB – Aksi solidaritas untuk bangsa Palestina bergema di berbagai penjuru dunia. Tidak ketinggalan Indonesia, yang not bene yang selalu memberikan bantuan kepadan negara tersebut.


Kota Dompu (19/5) menjadi tempat aksi solidaritas berbagai elemen masyarakat Nggahi Rawi Pahu. Adalah “Oi Dompu #Fals Mania” yang menjadi inisiator gerakan ini. Bergabung dengan beberapa LSM dan organisasi Islam yang ada di Dompu.


Aksi damai ini dimulai pada pukul 08.00 WITA dengan titik kumpul di Mesjid Raya Baiturrahman Dompu, dilanjutkan long march menuju Kantor DPRD Kab. Dompu. Sepanjang jalan mereka menyerukan kepada warga agar bergabung untuk menyuarakan ketidakadilan yang terjadi di Palestina. Ketika melalui pusat kota, kembali para peserta aksi damai ini menggaungkan kembali kekejaman atas tindakan tentara Israel terhadap warga Palestina.

Aksi kemudian terpusat beberapa saat di perempatan Koramil Dompu. Secara bergantian peserta aksi berorasi mengutuk serangan Israel terhadap kaum muslim Palestina yang berada di Masjidil Aqsa.


Di depan kantor DPRD Kab. Dompu, aksi damai ini mendapat perhatian khusus dari anggota dewan, beberapanya tampak hadir seperti Ir. Muttakun, Iskandar S.Pd, dan Yatim.


Dalam orasinya, anggota DPRD Dompu Yatim yang berasal dari Dapil 2 Woja ini menyatakan agar selalu berdo’a kepada Allah SWT untuk selalu melindungi rakyat Palestina. “Bahwa yang bertanggung jawab yaitu PBB yang tidak melakukan penegakan hukum terhadap Israel,” ungkap Yatim.

Dalam kesempatan tersebut dua anggota dewan menyumbangkan dana dari kantong pribadi mereka. Informasi yang dihimpun awak media ini, dari Iskandar S.Pd sebesar 20 juta, dan Ir. Mutaqun sebesar 5 juta rupiah.


Di depan kantor DPRD Kab.Dompu sendiri, peserta aksi menyampaikan beberapa hal. Mereka mengharapkan terutama kepada Bapak Presiden RI untuk menyampaikan nota protes keras kepada PBB untuk ditegakankeadilan. Peserta aksi memberikan pernyataan sebagai berikut :
a. Menyesalkan pembunuhan oleh zionis Israel yang telah membunuh secara keji saudara Palestina.
b. Kepada DPRD Dompu untuk membuat surat pernyataan keras terhadap zionis Israel.
c. Meminta kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo untuk memboikot negara Israel.

Aksi kemudian berlanjut di depan kantor Bupati Dompu, pada kesempatan ini Wakil Bupati, H. Syahrul Parsan, S.T, M.T menyatakan pendapat untuk mendukung aksi bela Palestina dengan tetap menerapkan prokes COVID-19 selama kegiatan dalam penyampaian tersebut.

Aksi damai ini kemudian ditutup dengan sholat ghaib bersama Wakil Bupati dan yang menjadi imam adalah Ustad Sya’ban melakukan Shalat Gaib.(Dhin)

FokusNTB

Fokus NTB - Kabar Warga Nusa Tenggara Barat I email: fokusntb@gmail.com

Related Articles

Back to top button