PeristiwaWisata

Palman Sejari, Air Terjun di Plampang yang Memikat

Bani Irawansyah, S.Pd

PALMAN SEJARI yang terletak di Dusun Sejari, Desa Plampang Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa, NTB, Indonesia. Letaknya tidak jauh, 64 kilometer dari pusat kota Sumbawa Besar.

Ketika musim libur telah tiba, saatnya melepas penat dengan berwisata tidak perlu mahal dan tak perlu jauh. Wisata alam air terjun Palman Sejari jadi pilihan rekomendasi untuk liburan bersama keluarga.

Menapaki keindahan alam Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat rasanya tidak lengkap jika belum mengunjungi Wisata Alam Air Terjun PALMAN SEJARI. Air terjun dengan pemandangan alam memesona merupakan salah satu surga tersembunyi bak harta karun anugerah Sang Pencipta.

Palman Sejari merupakan air terjun yang terbuat langsung dari alam dengan aliran air yang sangat jernih. Berada ditengah hutan tak jauh dari permukiman warga menjadikan air terjun ini cocok untuk dinikmati saat musim panas tiba.

Akses perjalanan menuju wisata air terjun Palman Sejari memanglah tidak semulus jalan tol. Lokasi alamnya yang masih asri belum sepenuhnya dibuatkan jalan yang memadai. Untuk menuju objek air terjunnya harus berjalan kaki melewati jalan setapak dengan disuguhkan pesona alam yang masih asri.

Rasa lelah saat melewati perjalanan menuju air terjun Palman Sejari ini akan terbayarkan dengan keindahan suguhan dari air terjun ini. Airnya yang jernih berwarna agak kehijauan biru ditambah percikan air yang jatuh menambah rasa kesejukkan.

Memiliki nilai eksotis yang alami, air terjun yang mempunyai tinggi kurang lebih 10 meter dan 6 meter ini memberikan pesona tersendiri bagi para wisatawan. Kolam yang terbentuk secara alami di bawah air terjun menjadi tempat untuk merasakan nikmatnya air bak pemandian dari pegunungan.

Air terjun Palman Sejari ini belum dipastikan seberapa kedalamannya, hanya saja dalamnya air belum pernah dijejaki. Bagi yang belum bisa berenang dapat menikmati aliran air yang diatas air terjun ataupun dialiran setelah kolam Palman.

Tak hanya pesona cantik dari air terjun Palman Sejari, dalam beberapa bulan terakhir ini sudah pernah dikunjungi oleh turis mancanegara (Ukraina, Jerman dan Portugal). Spot foto yang tersedia juga bisa dijadikan galeri instagrameble juga lho.

Dukungan dari pemerintah desa sangat berperan dalam pengembangan wisata air terjun Palman Sejari ini, sebab dengan hadirnya destinasi wisata ini memberikan lapangan pekerjaan bagi sebagian warga sekitar.

Hadirnya destinasi air terjun Palman Sejari ini memberikan dampak yang sangat baik kepada kita semua terlebih untuk Putra-Putri Kecamatan Plampang untuk mengeksplor dan selalu mendukung pesona alam yang ada di tempat tinggal kita. Tanpa kita sadari kekayaan alam bumi ini menunjukkan akan anugerah sang pencipta yang berlimpah.

FokusNTB

Fokus NTB - Kabar Warga Nusa Tenggara Barat I email: fokusntb@gmail.com

Related Articles

Back to top button